Merasa Sering Lesu Dan Letih? Ikuti Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Berikut Supaya Tubuh Kuat

3 min read

Kalian pasti sudah sering mendengar istilah ‘daya tahan tubuh’. Tapi, kalian tau gak sih apa itu yang dimaksud dengan daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh atau disebut juga dengan sistem imun adalah kemampuan yang dimiliki untuk menangkal berbagai kuman, virus, dan penyakit-penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh.

Jadi, daya tahan tubuh bisa dikatakan sebagai tentara yang berada di dalam tubuh kita, yang bertugas menjaga tubuh kita dari serangan kuman dan virus penyebab penyakit. Maka dari itu mengetahui tips bagaimana cara meningkatkan sistem imun sejak dini merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui.

Merasa Sering Lesu Dan Letih? Ikuti Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Berikut Supaya Tubuh Kuat

Sekarang ini, kuman-kuman dan virus penyebab penyakit sudah mulai berevolusi dan menjadi lebih kuat. Tidak heran, pemerintah sangat gencar dalam mengajak masyarakat untuk melakukan imunisasi. Salah satu imunisasi yang sedang digalakan di Oktober ini adalah imunisasi kaki gajah.

Tapi, sebenarnya masih ada imunisasi lainnya seperti imunisasi campak dan rubella, polio, hepatitis, dll. Selain imunisasi, ada beberapa hal yang juga bisa kalian lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, berikut adalah tips-tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang pastinya bisa dilakukan oleh semua usia, mudah, dan sangat sederhana.

1. Membersihkan badan atau mandi, kalau malas berakibat ketahanan tubuh jadi korban lho..

Membersihkan badan atau mandi, kalau malas berakibat ketahanan tubuh jadi korban lho..

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap manusia. Di Indonesia, umumnya mandi dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Tapi ada juga yang melakukan 3 kali atau bahkan lebih.

Walaupun terlihat sepele, tapi mandi ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membersihkan tubuh dari berbagai macam kotoran dan polusi yang menempel di tubuh kita setelah seharian beraktifitas. Nah, dengan begitu bisa dipastikan bahwa kuman-kuman dan virus penyakit yang tadinya menempel di tubuh kita juga ikut hilang atau setidaknya berkurang.

Supaya lebih maksimal dalam membersihkan diri, kita bisa juga menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Saat ini ada banyak produk-produk yang mengeluarkan sabun antiseptik. Hal ini tidak lain karena mereka sadar bahwa menjaga daya tahan tubuh itu penting. Kalian bisa membeli sabun antiseptik di toko atau minimarket terdekat.

2. Menjaga kebersihan tangan, awas virus gampang banget menempel disini

Menjaga kebersihan tangan, awas virus gampang banget menempel disini

Tangan merupakan salah satu anggota gerak tubuh yang paling sering digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Misalnya adalah ketika ingin menggunakan fasilitas umum, bersalaman dengan rekan kerja, bersih-bersih rumah, dll. Selama melakukan kegiatan tersebut, bisa dibayangkan berapa banyak kuman dan virus yang menempel di bagian tubuh yang satu ini.

Kuman, virus, dan bakteri yang menempel ditangan bisa secara tidak sengaja masuk kedalam tubuh. Utamanya ketika kita mengonsumsi makanan dengan menggunakan tangan, ketika kita menutup hidung, atau ketika kita menutup mulut. Dari sini kita harus memperhatikan betul mengenai kebersihan tangan.

Nah, untuk itu kita harus rajin mencuci tangan. Jangan lupa, gunakan sabun agar lebih higenis. Sedangkan untuk kalian yang lebih banyak melakukan aktifitas di luar dan malas bolak-balik mencuci tangan, untuk saat ini sudah tersedia Hand Sanitaizer.

Hand Sanitizer merupakan cairan yang diformulasikan khusus untuk mengurangi infeksi kuman dan bacteri yang menempel di telapak tangan. Cairan ini juga sudah tersedia di minimarket atau apotek terdekat.

3. Menggunakan masker saat bepergian, cukup efektif nih buat mencegah kotoran masuk ke hidung

Menggunakan masker saat bepergian, cukup efektif nih buat mencegah kotoran masuk ke hidung

Hal ini diutamakan untuk mereka yang menggunakan kendaraan bermotor. Lagi-lagi Hal ini terlihat sepele tapi sangat bermanfaat. Dengan menggunakan masker maka debu polusi dan kotoran yang akan terhirup itu bisa tersaring dengan baik. Sehingga sudah bisa dipastikan mereka tidak akan masuk ke dalam tubuh kita.

Untuk menghindari masker yang tidak higienis, kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan masker sekali pakai. Mungkin memang terlihat sedikit mahal tapi itu akan jauh lebih baik daripada kita memakai masker yang bisa dipakai berkali-kali. Kenapa? Karena ketika kita menggunakan masker sekali pakai kita akan langsung membuangnya dan berganti ke masker yang baru. Dengan begitu diharapkan kehigienisan masker masih terjaga dengan baik.

Berbeda saat kita menggunakan masker yang bisa dicuci berkali-kali. Terutama untuk kalian yang malas mencuci masker itu justru akan menimbulkan sisa-sisa debu dan kotoran masih menempel di masker berakumulasi. Sehingga ketika kita menggunakannya, kemungkinan kita justru menghirup debu dan kotoran tersebut.

Walaupun begitu, jika kalian memang lebih nyaman menggunakan masker yang bisa dipakai berkali-kali, cara merawatnya adalah dengan rajin-rajin membersihkannya.

4. Membiasakan makan makanan sehat, memang berat diawal sih tapi lama kelamaan juga kamu akan terbiasa kok

Membiasakan makan makanan sehat, memang berat diawal sih tapi lama kelamaan juga kamu akan terbiasa kok

Dalam hal ini sebenarnya kita tidak dituntut untuk selalu memakan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kita bisa mengonsumsi apapun sesuai dengan kemampuan kita. Yang terpenting adalah kita makan dengan cukup dan teratur.

Yang dimaksud cukup makan adalah porsinya disesuaikan. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Semua itu tergantung kebutuhan tubuh kita. Juga tergantung dengan aktivitas yang kita lakukan. Jika  kita memang harus melakukan aktivitas berat maka kebutuhan makan kita tidak boleh makan terlalu sedikit. Begitu pula sebaliknya.

Sedangkan yang dimaksud dengan teratur adalah mengonsumsi sarapan, makan siang, dan makan malam.  kalian yang memang tidak sempat sarapan bisa menyiasatinya dengan makan biskuit atau minum sereal, atau susu. Atau siasat yang kedua adalah dengan menambah porsi makan siang.

Kalian pasti tau kan ketika kita beraktivitas tanpa sarapan, kita pasti akan merasa lelah, lemas, lapar dan bahkan kehilangan konsentrasi. Untuk menghadapi hal terebut, siangnya ketika kita memiliki waktu makan siang kita bisa memanfaatkannya untuk menambah porsi makan kita. Cukup mudah kan?

5. Minum air putih yang cukup, rutin aja deh konsumsi biar badanmu lebih enteng

Minum air putih yang cukup, rutin aja deh konsumsi biar badanmu lebih enteng

Inilah Kenapa saya mengatakan tidak harus 4 sehat 5 sempurna. Pada menu 4 sehat 5 sempurna, terdapat menu minuman yaitu susu. Padahal tidak harus susu. Kita bisa menggantinya dengan air putih. Sudah pada tahu pastinya bawa air putih memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh hal itu karena sebagian besar tubuh kita adalah air.

Para ahli merekomendasikan 8 gelas air per hari. Tapi kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki selera minum yang sama. Ada beberapa orang yang tidak cukup kuat untuk meminum 8 gelas air sehari. Maka dari itu, kita bisa minum sesuai dengan kebutuhan. Kalau memang 3 saja dirasa cukup dan tidak menimbulkan dehidrasi untuk kalian, maka itu tidak ada masalah.

Air berfungsi melarutkan zat-zat yang tidak perlu di dalam tubuh. Selain itu air juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar. Terhindar dari dehidrasi, dan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu maka daya tahan tubuh kita juga akan meningkat.

Nah itu tadi 5 Hal sederhana yang bisa kalian lakukan. Selain itu, kalian juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara menjaga pola makan dan asupan gizi, meminum vitamin dan suplemen tambahan (utamanya vitamin C), mengonsumsi teh hijau, mengonsumsi madu, dan rajin melakukan olahraga. Demikian informasi dari kita.

Semoga bermanfaat ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *