Jangan Hanya Sabar, Lakukan Juga 7 Hal Berikut ini Biar Hubunganmu Bisa Bertahan

3 min read

Bisa bertahan lama dalam menjalin hubungan pastinya adalah dambaan setiap pasangan. Namun, tidak jarang beberapa hubungan justru kandas sebelum sampai di pelaminan. Bahkan ada juga hubungan pernikahan yang berakhir pada perceraian. Karena itu, kalian harus tau tips-tips dalam mempertahankan hubungan.

Jangan Hanya Sabar, Lakukan Juga 7 Hal Berikut ini Biar Hubunganmu Bisa Bertahan

Kali ini, kita akan membagikan tips untuk mempertahankan hubungan. Tetapi, perlu diingat bahwa tips-tips berikut hanya bisa berhasil jika dilakukan bersama-ssama dengan pasangan. Jadi, kalau hanya sepihak saja yang melakukannya, sepertinya mustahil suatu hubungan bisa bertahan.

Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung aja ke tips yang pertama.

1. Jadikan komitmen sebagai dasar dari hubungan kalian

Jadikan komitmen sebagai dasar dari hubungan kalian

Dalam membina sebuah hubungan, cinta memang dibutuhkan. Tapi mengingat sifat cinta yang suka berubah-ubah, bahkan kadang mengarah ke rasa bosan, sudah dapat dipastikan bahwa cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan sebuah hubungan. Kalian berdua harus memiliki sebuah kesepakatan dan keterikatan yang lebih dari cinta. Hal itu biasa dikenal dengan sebutan komitmen.

Komitmen diperlukan agar masing-masing pihak memiliki rasa tanggung jawab terhadap hubungan yang sedang dijalankan. Selain itu, komitmen juga berfungsi sebagai penguat suatu hubungan. Salah satu ciri-ciri dari hubungan yang berkomitmen adalah memiliki tujuan yang jelas, yaitu pernikahan.

Baca Juga : Pengen Dianggap Lebih Tapi Tetep Gitu-Gitu Aja, Coba 7 Tips Ini Agar Si Dia Mulai Jatuh Cinta

2. Pertahankan komitmen dengan bersikap saling mengerti dan memahami

Pertahankan komitmen dengan bersikap saling mengerti dan memahami

Mempertahankan hubungan itu bukan perkara yang mudah. Pasti ada saja ujiannya. Dalam hal ini  ujiannya bisa bermacam-macam mulai dari Long Distance Relationship atau LDR, perbedaan pendapat, perbedaan sifat, munculnya kebiasaan-kebiasaan buruk, kesibukan, bahkan kedatangan orang ketiga.

Jika kalian sudah benar-benar berkomitmen, kalian harus siap dengan kemunculan hal-hal tersebut. Kalian harus bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain. Caranya adalah dengan berusaha menerima kekurangan masing-masing dan menyadari kekurangan diri sendiri. Kalian juga tidak boleh egois dan saling menyalahkan. Sebaliknya, setiap masalah yang datang harus bisa diselesaikan dengan damai dan tenang.

3. Tanamkan sikap saling percaya untuk mengindari pertengkaran dan keretakan hubungan

Tanamkan sikap saling percaya untuk mengindari pertengkaran dan keretakan hubungan

Pada dasarnya, sifat saling percaya adalah salah satu dari cara berkomitmen, karena itu sikap ini berhubungan erat dengan tips sebelumnya. Dengan adanya sikap saling percaya, maka sebuah hubungan akan sebuah hubungan akan terhindar dari pertengkaran-pertengkaran yang tidak terjadi tanpa alasan.

Salah satu contoh dari sikap saling percaya adalah tidak menuduh pasangan secara sembarang. Munculnya rasa cemburu, terutama saat berada jauh dari pasangan, itu merupakan hal yang wajar. Mereka yang punya rasa saling percaya akan lebih memilih untuk mencari fakta yang sebenarnya sebelum melayangkan tuduhan. Sebaliknya, mereka yang tidak percaya terhadap pasanganya akan langsung menuduh hingga menyebabkan terjadinya pertengkaran.

4. Tiga kata ajaib ini bisa kamu andalkan untuk mempertahankan hubungan

Tiga kata ajaib ini bisa kamu andalkan untuk mempertahankan hubungan

Tau gak sih kenapa anak-anak sering sekali diajarkan untuk mengucapkan tiga kata ajaib, yaitu maaf, tolong, dan terima kasih? Yup, benar sekali. Tujuan dari mengajarkan tiga kata ini adalah agar mereka terbiasa untuk menghargai orang lain. Sikap saling menghargai juga dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Karena itu, biasakan untuk menggunakan tiga kata ini.

Caranya adalah dengan meminta maaf ketika sudah membuat pasangan kesal, mengatakan tolong ketika meminta sesuatu dari pasangan dan mengucapkan terima kasih sebagai tanda apresiasi terhadap hal baik yang sudah dilakukan pasangan untuk kita. Dengan begitu, si dia akan merasa berharga dan akan berusaha untuk tidak mengecewakan kalian.

5. Apapun alasannya, kehadiran pihak ke tiga dalam hubungan tidak dapat dibenarkan

Apapun alasannya, kehadiran pihak ke tiga dalam hubungan tidak dapat dibenarkan

Pernah merasa lelah dengan hubungan yang begitu-begitu saja? Atau kalian butuh orang untuk berkeluh kesah? Jika iya, pastikan apapun masalahnya, kalian hanya boleh bercerita kepada pasangan kalian saja. Atau jika kamu laki-laki, pastikan kamu curhat ke laki-laki juga. Begitu juga sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya penurunan tingkat kenyamanan terhadap pasangan.

Jika seorang laki-laki curhat kepada wanita atau sebaliknya, maka secara tidak langsung akan muncul suatu pemikiran negatif yaitu berupa membandingkan pasangan dengan orang tersebut. Lebih jauh lagi, secara tidak langsung kamu akan merasa bahwa dia lebih paham dengan masalahmu. Padahal gak gitu juga kan ya? Dia lebih paham karena kamu memang bercerita banyak kepadanya. Sedangkan, pasanganmu diam saja karena kamu memang tidak bercerita kepadanya. Nah, jadi kalau kamu lebih memilih curha sana-sini, ya jangan menuntut pasanganmu untuk mengerti.

6. Lakukan evaluasi agar selalu bisa memperbaiki diri

Lakukan evaluasi agar selalu bisa memperbaiki diri

Beberapa pasangan menghindari kegiatan evaluasi dengan alasan tidak mau mengungkit masalah yang telah lalu. Padahal, evaluasi ini penting loh ya. Evaluasi disini bukan berupa saling menyalahkan dan menilai kekurangan saja, tetapi juga harus disertai dengan masukan-masukan membangun demi mempertahankan hubungan. Dengan melakukan evaluasi, kalian tidak hanya mengetahui bagaimana penilaian masing-masing, tetapi juga mengetahui hal-hal apa saja yang disukai oleh pasangan.

Jangan lupa, lakukan evaluasi dengan kepala dingin ya guys. Jangan sampai evaluasi justru berakhir dengan pertengkaran. Sertakan pula tiga kalimat ajaib yang sudah dibahas sebelumnya agar perbincangan menjadi lebih sopan dan tenang. Dengan begitu, diharapkan kalian bisa saling memperbaiki diri demi menjaga keharmonisan.

Kalian bisa melakukan evaluasi kapan saja sesuai kesepakatan kalian. Kenapa harus sesuai kesepakatan? Karena jika evaluasi hanya dilakukan satu pihak saja, maka pihak lain akan merasa dipojokan. Gak mau kan niat baik untuk memperbaiki hubungan justru berakhir tak sesuai keinginan?

7. Dia sudah berusaha sekuat tenaga, tunjukan bahwa perjuangannya tidak sia-sia

Dia sudah berusaha sekuat tenaga, tunjukan bahwa perjuangannya tidak sia-sia

Dia yang sudah berusaha untuk bertahan denganmu dalam semua keadaan tidak boleh kamu sia-siakan begitu saja. Berikan apresiasi berupa kejutan atau hadiah di waktu-waktu tertentu, misalnya di hari ulang tahunnya atau di anniversary kalian. Apresiasi disini tidak harus barang yang mahal, cukup hal-hal menarik yang berkesan seperti jalan-jalan ke tempat kalian jadian, mengunjungi tempat baru, atau melakukan kegiatan bersama seharian.

Selain sebagai tanda terima kasih, apresiasi disini juga berfungsi sebagai penyegar hubungan. Dengan adanya apresiasi seperti ini, diharapkan rasa lelah dan bosan selama mempertahankan hubungan bisa berkurang. Dan satu lagi, apresiasi berupa benda seperti bunga atau lainnya bisa kamu berikan di akhir evaluasi. Tujuanya, adalah untuk menekan munculnya emosi negatif, mencairkan suasana, dan membuatnya tersenyum bahagia.

Ingat, sebuah hubungan cinta yang sehat hanya terdiri dari dua orang, tanpa adanya pihak ke tiga. Kalian berdua harus bekerja sama demi memastikan hubungan kalian baik-baik saja. Pastikan pasanganmu juga mengusahakan hal yang sama ya! Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk berjuang sendirian.

Agar kalian berada pada satu visi misi yang sama dalam mempertahankan hubungan, pastikan tips mempertahankan hubungan ini dibaca juga oleh pasanganmu ya!

Sekian dulu tips dari kita. Semoga bermanfaat ya!

Tips Menjadi Istri yang Romantis agar Hubungan Makin Manis

Teori mengatakan bahwa pria tidak begitu menyukai hal-hal yang berbau romantis. Tetapi teori ini sedikit demi sedikit terbantahkan sebab pada zaman ini semakin banyak...
Channel Bunda
3 min read

Bingung Kasih Hadiah Ultah Untuk Dia? Jangan Panik! Ini…

Ulang tahun merupakan hari yang istimewa bagi siapa saja. Tak terkecuali bagi wanita. Hampir setiap orang pasti mengharapkan hadiah yang istimewa di Hari Istimewa....
Channel Bunda
3 min read

Mau Tau Seperti Apa Wanita idaman Pria? Yuk, Simak…

Berbicara tentang wanita idaman, setiap pria pasti memiliki kriteria tersendiri yang pas buat mereka. Tapi kamu pasti sering dengar kan, pria yang baik akan...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *