Bahaya! Perhatikan Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Ini Sebelum Hal Buruk Terlanjur Terjadi

4 min read

Pernah merasa bingung ketika memilih posisi tidur saat hamil? Terutama pada kehamilan yang pertama, kadang terbesit pertanyaan mengenai seperti apa sih posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Selain karena baru pertama kali hamil, biasanya Kamu yang baru hamil akan sangat ekstra hati-hati saat beraktivitas maupun saat tidur.

Bahaya! Perhatikan Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Ini Sebelum Hal Buruk Terlanjur Terjadi

Memang wanita yang sedang hamil tidak bisa leluasa dan sembarangan tidur seperti wanita yang tidak hamil. Banyak juga para ibu hamil yang mengalami gangguan seperti kram perut, sakit punggung dan gangguan lainnya pada awal trimester. Padahal jika Kamu sudah tahu trik posisi tidur yang aman, tidur Kamu akan nyenyak dan tidak “was-was” lagi.

Nah, perhatikan posisi tidur yg baik untuk ibu hamil sesuai usia kehamilan berikut ini ya:

1. Masih Dalam Trimester Pertama, Usia Kehamilan 0-12 Minggu Lebih Baik Miring Saja

Pada masa awal kehamilan, ibu hamil akan lebih gelisah saat tidur karena mengalami berbagai gangguan yang paling berat bila dibandingkan dengan trimester lainnya. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil juga bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kehamilan seperti pusing dan mual, perut yang sering mulas dan kram, dan gangguan lainnya.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, Kamu juga bisa mencoba beberapa posisi tidur ibu hamil muda berikut ini:

Tidur Miring

Buat Kamu yang masih dalam trimester pertama, Kamu bisa coba istirahat dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda miring ke samping kiri dan dianjurkan untuk posisi tubuh membentuk huruf ‘S’. Karena posisi itu akan membuat tubuh Kamu lebih nyaman dan bisa menghilangkan kelelahan yang berlebihan.

Kalau bisa, agar lebih nyaman lagi, gunakanlah kasur dengan pegas yang lembut supaya Kamu bisa tidur dengan posisi itu sepanjang malam tanpa rasa lelah atau pegal.

Tidur Miring ke Kiri

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil pada trimester pertama juga bisa dengan posisi miring ke kiri. Posisi ini sebenarnya sangat disarankan untuk semua ibu hamil, karena saat miring ke kiri, aliran darah dari pembuluh vena akan menjadi lancar dan penyaluran oksigen serta gizi ke janin pun akan lancar.

Tidak hanya itu, buat Kamu yang sedang hamil suka tidur miring ke kiri juga akan membantu kinerja ginjal dalam membuang cairan serta  kotoran dalam tubuh.

Mulai Mencoba Tidur Dengan Banyak Bantal

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil selain miring Kamu juga bisa mencoba menambahkan banyak bantal agar tubuh lebih nyaman. Posisi ini sangat cocok untuk posisi tidur ibu hamil 4 bulan, karena bisa mencegah tubuh Kamu terasa pegal saat sepanjang malam tidur dengan posisi tersebut.

Kamu juga bisa coba posisi tidur untuk ibu hamil dengan lutut sedikit ditekuk, kemudian selipkan bantal tepat diantara kedua lutut, dan tambahkan juga beberapa bantal di belakang punggung dan bawah pinggang.

Baca Juga : Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil yang Jarang Kamu Sadari Tapi Mudah Diatasi

2. Jangan Telentang Saat Kehamilan Pada Trimester Kedua, Usia Kehamilan 13-28 Minggu

Nah, setelah melewati trimester pertama, pada kehamilan di trimester kedua Kamu tidak akan lagi mengalami gangguan kehamilan sesering pada trimester pertama. Tapi, meskipun begitu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil juga harus selalu diperhatikan.

Nah, berikut posisi tidur ibu hamil 5 bulan hingga posisi tidur ibu hamil 6 bulan dan 7 bulan yang dianjurkan untuk Kamu para ibu hamil:

Hindari Posisi Telentang

Perlu diperhatikan bahwa posisi tidur ibu hamil 7 bulan sangat dilarang untuk tidur telentang. Lantas, kenapa ibu hamil tidak boleh tidur terlentang? Meskipun posisi telentang kadang sangat nyaman buat Kamu, ternyata itu tidak berlaku untuk kesehatan kehamilan dan juga janin.

Nah, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sebisa mungkin menghindari tidur telentang. Karena dampak buruk dari tidur telentang menurut sebuah penelitian dari Amerika Serikat menunjukkan, bahwasannya posisi tersebut akan memberikan tekanan yang kuat pada rahim.

Sehingga, asupan oksigen dan nutrisi dari ibu hamil ke janin akan berkurang, terhambatnya sirkulasi darah ke jantung, dan bagian tubuh lainnya. Bahkan berdasarkan penelitian dari University of Auckland menyimpulkan bahwa posisi telentang itu bisa mengakibatkan stress untuk janin.

Sedangkan dampak bagi ibu hamil karena posisi tidur telentang bisa meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.

Miring ke Kiri

Cara tidur yang baik untuk ibu hamil lainnya yang bisa Kamu coba pada trimester kedua ini yaitu dengan posisi tidur miring ke kiri. Karena pada trimester ini janin sudah berkembang cukup pesat, jadi posisi tidur ini tidak hanya baik untuk ibu, tapi juga untuk tumbuh kembang janin.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan ini selain memberikan efek nyaman pada ibu hamil juga bisa membuat janin bergerak dengan leluasa karena asupan oksigen dan nutrisinya menjadi lancar.

Nah, tips lain agar Kamu bisa lebih nyaman saat tidur selain dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil itu, Kamu juga harus mengimbanginya dengan memenuhi kebutuhan waktu tidur, kurangi makanan pada saat menjelang tidur, lakukan aktivitas saat terjadi insomnia, dan lain-lain.

3. Kehamilan Pada Trimester Ketiga, Usia Kehamilan 29-40 minggu, Harus Mulai Ekstra Hati-Hati Lho

Ternyata tidak cukup dengan gangguan kehamilan pada trimester pertama lho, tapi bagi Kamu yang sudah menginjak trimester ketiga juga akan mengalami gangguan kehamilan lainnya. Beberapa gangguan kehamilan itu biasanya terjadi karena tingkat stress dan khawatir pada ibu menjelang melahirkan.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan pada trimester ketiga ini adalah dengan sering tidur dengan posisi miring ke kiri.

Karena kondisi perut yang semakin tambah membesar, biasanya akan membuat posisi tidur serba tidak nyaman. Mulai dari miring ke kanan ataupun miring ke kiri. Tapi, bolehkah ibu hamil tidur terlentang? Ya, dengan kondisi janin yang semakin besar dan semakin berkembang, maka tekanan pada rahim juga akan semakin kuat.

Jadi lebih baik, meskipun nyaman, usahakan Kamu tidak mencoba posisi tidur ibu hamil 8 bulan dengan posisi telentang saat trimester ketiga.

Eits, jangan khawatir memilih posisi tidur, karena ada tips aman untuk posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar ibu dan janin tetap aman, antara lain:

  • Tambahkan bantal diantara kedua kaki saat tidur miring
  • Gunakan sofa jika tidak bisa tidur di kasur yang datar
  • Pakailah busa khusus di bawah punggung agar tidak lelah meski tidur miring
  • Hindari makanan yang terlalu pedas dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Selain memperhatikan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, Kamu juga perlu memperhatikan waktu tidur. Memang setidaknya ibu hamil memiliki waktu tidur yang sekitar 8 jam. Lalu, selain tidur malam, bolehkah ibu hamil tidur siang? Setelah lelah beraktivitas dari pagi hari, tak ada salahnya kok ibu hamil istirahat sejenak saat siang hari. Tapi sebaiknya tidur siang tidak perlu terlalu lama, ya sekitar 1 jam saja.

Lalu bagaimana jika ibu hamil mengantuk pada pagi hari? Apakah bahaya tidur pagi bagi ibu hamil? Sebenarnya tidak hanya untuk ibu hamil, tidur di pagi hari sangatlah tidak dianjurkan. Karena setelah tidur di pagi hari, bukan bertambah semangat Kamu justru akan menjadi lesu. Jadi untuk mengatasi rasa ngantuk pagi hari, Kamu bisa melakukan aktivitas ringan yang menyenangkan dan terkena sinar matahari yang masih sehat.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil juga sangat dipengaruhi dengan pola hidup dan aktifitas ibu hamil selama sehari. Jadi buat para bunda, jangan sampai salah menentukan posisi tidur ya, agar bunda dan janin tetap sehat.

Khasiat Luar Biasa Minyak Ikan untuk Ibu Hamil dan…

Minyak ikan telah dikenal luas memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung. Namun ternyata ada beberapa penelitian dimana hasilnya menyebutkan bahwa minyak ikan juga memiliki...
Channel Bunda
3 min read

Kacang Hijau, Bulir Kecil Yang Kaya Manfaat, Bagus Untuk…

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Diantaranya adalah kalsium, zat besi, folat, vitamin yaitu vitamin B vitamin C dan vitamin E, thiamin,...
Channel Bunda
3 min read

Mulai Sekarang Bumil Harus Makan Pisang! Berikut Manfaat Pisang…

Tentunya Bunda sudah tidak asing lagi ya dengan buah yang satu ini. Benar sekali, pisang! Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *