Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil yang Jarang Kamu Sadari Tapi Mudah Diatasi

Kaki bengkak saat hamil? Sebagian besar dari Kamu atau mungkin hampir semua ibu hamil mengalaminya. Sebanyak 75% dari seluruh ibu hamil mengalami kaki bengkak saat usia kehamilan memasuki trimester kedua atau trimester ketiga. Jadi buat Kamu yang kakinya mengalami pembengkakan saat hamil, jangan khawatir karena itu adalah sesuatu yang sangat lumrah terjadi pada ibu hamil.

Penyebab kaki bengkak saat hamil yang paling utama biasanya disebabkan oleh meningkatnya cairan tubuh yang menumpuk pada kaki dan tangan atau karena tekanan darah yang membesar.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil yang Jarang Kamu Sadari Tapi Mudah Diatasi

Tapi selain itu, kadang beberapa kebiasaan atau pola hidup Kamu juga mempengaruhi pembengkakkan kaki lho. Apa saja kebiasaan itu? Yuk, simak beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil berikut ini:

1. Tersumbatnya aliran darah sehingga peredaran darah kurang lancar


Darah sebagai salah satu komponen pentin dalam tubuh, jika bermasalah bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan tubuh. Seperti pada tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan stroke, darah terlalu rendah bisa mengakibatkan anemia, dan aliran darah yang kurang lancar juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil.

Aliran darah, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, seharusnya mengalir dengan lancar sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada ibu hamil. Tersumbatnya pembuluh darah balik pada kaki dapat menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil karena aliran darah menuju jantung juga akan terganggu.

Akibatnya akan berimbas pada pembengkakkan kaki mulai dari lutut hingga telapak kaki. Saat aliran darah tidak lancar, sebaiknya perlu diwaspadai karena bisa jadi Kamu mengalami hipertensi saat hamil.

2. Saat rahim semakin membesar, terlalu banyak cairan yang tertimbun di kaki


Tidak hanya pada trimester kedua kehamilan, kaki bengkak saat hamil 9 bulan juga sangat mungkin terjadi. Bahkan jika kondisi rahim semakin membesar, kemungkinan terjadi pembengkakkan pada kaki semakin tinggi.

Besarnya rahim bisa menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil karena dibandingkan sebelumnya, cairan pada kaki akan tertimbun 30% lebih banyak. Sehingga tidak heran lagi jika sudah memasuki trimester ketiga, pembengkakkan pada akan semakin besar.

3. Tubuh yang semakin ‘Bengkak’, kaki juga ikut bengkak karena beban semakin berat


Selain cairan, penyebab kaki bengkak saat hamil juga bisa dipengaruhi oleh berat badan Kamu. Saat hamil, adalah hal yang wajar jika berat badan Kamu meningkat. Bahkan pada sebagian besar wanita hamil, tubuhnya akan semakin ‘melar’ saat usia kehamilan semakin tua.

Kaki bengkak saat hamil tua biasanya terjadi karena kaki akan menahan beban yang lebih berat dari sebelumnya. Seiring dengan pertumbuhan janin, secara otomatis berat badan Kamu juga akan bertambah kan, sehingga kaki yang menanggung beban tubuh akan mengalami pembengkakkan.

Baca Juga : Tahukah Kamu? Mual Saat Hamil Bisa Berbahaya, Lho! Begini Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

4. Ibu hamil dilarang malas, sebab malas bergerak dan jarang beraktivitas juga menyebabkan kaki mudah bengkak lho


Berhati-hati saat hamil bukan berarti Kamu hanya diam saja dan tidak melakukan aktifitas apapun. Karena jika Kamu kurang bergerak, apalagi hanya tidur dan makan saja, jangan heran jika kaki Kamu akan bengkak.

Biasanya saat memasuki usia kehamilan lebih dari 24 minggu ibu hamil akan enggan beraktivitas. Padahal kurang bergerak akan menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil karena aliran darah pada kaki menjadi tersumbat dan tidak lancar.

5. Terlalu sering memakai sepatu yang kurang nyaman atau terlalu sempit


Penyebab kaki bengkak saat hamil tidak hanya terjadi karena faktor internal saja lho, tapi kebiasaan Kamu yang kurang baik juga akan mempengaruhi. Misalnya saja pada celana yang Kamu pakai, atau sepatu yang Kamu pakai.

Jadi, hati-hati lho buat Kamu yang suka memakai sepatu sempit saat hamil. Karena pemakaian sepatu yang tidak nyaman bisa menyebabkan kaki bengkak saat hamil 8 bulan.

6. Ibu hamil juga perlu hati-hati dengan air panas atau suhu panas


Buat Kamu yang tinggal di daerah bersuhu dingin mungkin sering menggunakan air hangat atau panas untuk mandi. Padahal, mandi dengan air panas bisa menyebabkan kaki bengkak saat hamil 5 bulan. Tidak hanya air panas, terlalu sering terpapar sinar matahari saat siang hari juga akan mengakibatkan kaki mudah bengkak saat hamil.

7. Suka makanan asin? kurangi deh makanan asin agar tidak bertambah bengkak


Penyebab kaki bengkak saat hamil juga bisa dipengaruhi dari makanan yang Kamu konsumsi. Jadi buat Kamu yang sering mengeluh karena kaki bengkak, coba deh periksa dulu makanan yang sering Kamu konsumsi.

Untuk makanan yang bisa menyebabkan kaki bengkak saat hamil 7 bulan, salah satunya adalah makanan yang terlalu asin. Penggunaan garam yang terlalu banyak pada masakan bisa memperparah edema sehingga kaki akan mudah bengkak.

Nah, setelah mengetahui apa saja sih penyebab kaki bengkak saat hamil, Kamu juga bisa menemukan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dengan mudah sesuai dengan penyebabnya. Berikut beberapa cara dalam mencegah dan mengurangi pembengkakkan pada kaki selama hamil:

8. Yuk, mulai olahraga khusus ibu hamil dan perbanyak melakukan aktivitas ringan yang aman


Seperti yang sudah diketahui, bahwa kurang bergerak bisa menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil. Nah, buat Kamu yang jarang beraktifitas, tak ada salahnya kok mencoba olahraga atau senam khusus ibu hamil atau melakukan aktivitas ringan seperti memasak atau menyapu.

Ternyata cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dengan banyak bergerak juga bisa membantu Kamu dalam memudahkan persalinan nantinya. Dengan sering berjalan kaki ringan saja akan membuat kaki bengkak Kamu berkurang karena aliran darah di kaki Kamu akan menjadi lancar.

9. Kurangi berdiri terlalu lama, apalagi buat yang berat badannya cukup ‘oversize’


Salah satu penyebab kaki bengkak saat hamil adalah karena kaki menanggung beban yang berat. Maka dari itu, buat Kamu yang memiliki berat badan yang cukup membebani kaki, sebaiknya hindari berdiri terlalu lama.

10. Posisi kaki lebih tinggi, terutama saat kamu sedang tidur


Meninggikan posisi kaki juga bisa mengatasi kaki bengkak saat hamil. Ketika tidur,  akan lebih baik jika posisi kaki Kamu lebih tinggi daripada posisi badan. Tidak harus dalam waktu yang lama, Kamu bisa menyandarkan kaki Kamu pada tembok agar posisi kaki lebih tinggi dari badan. Langkah tersebut sangat berguna untuk melancarkan aliran darah pada kaki.

11. Cukupi asupan mineral pada tubuh dengan perbanyak air putih


Jangan remehkan air putih, karena kurang minum air putih juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Jadi buat Kamu, baik yang hamil muda maupun sudah hamil tua, sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mengurangi pembengkakkan pada kaki.

12. Kurangi garam atau makanan dan camilan yang terlalu asin


Ternyata konsumsi garam yang berlebihan bisa membuat kaki bengkak Kamu semakin parah. Karena garam yang berlebihan bisa menimbun lebih banyak cairan pada kaki ibu hamil.

13. Hindari celana ketat agar peredaran darah kamu normal


Terlalu sering menggunakan celana yang ketat juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil lho. Jadi buat Kamu yang suka memakai celana saat hamil, sebaiknya pakai saja celana yang sedikit longgar agar aliran darah Kamu bisa menjadi lebih lancar sehingga tidak menambah bengkak pada kaki.

Memang bukan masalah yang vital sih, tapi mengalami kaki yang bengkak saat hamil tentu membuat Kamu kurang nyaman. Oleh karena itu, setelah mengetahui penyebab kaki bengkak saat hamil. Yuk, segera atasi kaki bengkak Kamu sesuai dengan penyebabnya.
Gabung jadi anggota untuk dapatkan informasi terbaru, langsung ke email anda

Gratis dan Tanpa Biaya

Silahkan share ke kawan Anda. Jika mau copy paste wajib izin admin terlebih dahulu. Bunda akan memberlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung atas copas tanpa mengikut ketentuan yang berlaku.

Artikel menarik lainnya...