Benarkah Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Lebih Baik Daripada Susu Sapi? Buktikan Disini

Lagi mengalami masa kehamilan demi dedek yang diidamkan? Konsumsi susu kedelai ini aja yuk!


Kalau susu sapi mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Kamu, tapi kalau susu kedelai, ternyata belum semua orang pernah mencoba susu yang terbuat dari olahan salah satu jenis kacang-kacangan.

Sebenarnya susu kedelai sendiri menurut seorang ahli nutrisi, bukanlah termasuk dalam kategori susu karena tidak diproduksi oleh kelenjar susu baik dari manusia maupun mamalia. Tapi ternyata susu kedelai itu telah ada di Tiongkok sejak 1900 tahun yang lalu, dan telah digunakan oleh Raja Huainan untuk mengobati ibunya yang sakit.

Benarkah Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Lebih Baik Daripada Susu Sapi? Buktikan Disini

Karena khasiatnya itu, susu kedelai menjadi minuman bergizi hingga kini dan dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh hingga manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Karena terbuat dari bahan baku kedelai, susu kedelai juga memiliki kandungan nutrisi sama seperti kacang kedelai, yaitu terdapat kandungan Vitamin A, B1, B2, dan vitamin E, karbohidrat, serat, lemak nabati, polisakarida, mineral, kalsium, isoflavon dan lain-lain.

Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi tersebut, manfaat susu kedelai juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Nah, berikut beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil:

1. Lancarkan sistem pencernaan kamu dan cegah masalah pencernaan


Ibu hamil dengan masalah pencernaan memang sedikit sulit dipisahkan, karena hampir sebagian besar ibu hamil pernah mengalami gangguan pada sistem pencernaan, terutama pada awal kehamilan atau trimester pertama kehamilan. Adapun masalah pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah susah buang air besar ataupun sembelit.

Dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ternyata sangatlah ampuh, mengingat serat sendiri adalah unsur penting dalam tubuh untuk membantu sistem pencernaan. Jadi untuk menghindari ketidaknyamanan Kamu karena gangguan pencernaan, Kamu bisa mengatasinya dengan rajin mengonsumsi susu kedelai.

2. Sebagai sumber energi, kini kamu tidak perlu takut kelelahan saat beraktivitas


Saat hamil, adalah hal yang lumrah jika Kamu mudah merasa lelah setelah seharian beraktifitas. Nah, kelelahan saat hamil jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan Kamu susah tidur. Jika Kamu susah tidur dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh dan otot Kamu akan merasa lebih tegang.

Dimana jika hal itu terjadi, akan berimbas pada kesehatan dan perkembangan janin. Nah, untuk mengatasi lelah berlebih, selain dengan istirahat yang cukup, Kamu juga bisa mengurangi rasa lelah dengan mengonsumsi susu kedelai secara teratur. Karena manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang mengandung karbohidrat dan lemak nabati yang cukup tinggi merupakan sumber tenaga atau energi yang dibutuhkan tubuh.

3. Meningkatkan kemampuan indra penglihatan pada janin mulai dari dalam kandungan


Sama seperti wortel, kandungan vitamin A pada susu kedelai juga mampu untuk menjaga kesehatan mata. Tapi selain untuk kesehatan mata bunda, susu kedelai juga bisa membantu melancarkan fungsi organ penglihatan dan mempertajam penglihatan pada janin.

4. Sangat membantu meminimalisir tingkat keguguran, baik karena aktivitas atau kondisi rahim


Hal yang paling dikhawatirkan selama masa kehamilan adalah bayi meninggal dalam kandungan ataupun keguguran. Sehingga tak heran jika hampir semua ibu hamil sangat berhati-hati dalam beraktivitas maupun menjaga pola makannya. Terutama pada trimester pertama kehamilan, merupakan masa dimana ibu hamil paling rawan mengalami keguguran.

Maka dari itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan itu, Kamu bisa mengatasinya dengan rajin mengonsumsi susu kedelai. Karena manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin E nya yang tinggi mampu membantu menguatkan rahim dan mencegah keguguran. Tidak hanya untuk ibu hamil, jika rutin minum susu kedelai juga dapat membantu meningkatkan produksi air susu.

5. Membantu pertumbuhan tulang dengan baik dan struktur gigi pada janin


Perlu Kamu ketahui bahwa sebenarnya selama dalam kandungan, tulang janin masihlah sangat rentan, sehingga perlu benar-benar dijaga kesehatannya. Tidak hanya janin, ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga juga sangat membutuhkan tulang yang sehat dan kuat.

Nah, dengan kandungan kalsium dan mineralnya, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga bisa membantu pertumbuhan tulang pada janin, serta menambah kekuatan struktur pada gigi dan kuku janin.

6. Mengontrol kadar gula dalam darah, kamu tidak lagi perlu khawatir tentang penyakit diabetes


Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah, sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Diabetes tersebut juga akan sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena jika tidak segera ditangani, tidak hanya membahayakan bunda tapi juga janin dalam kandungan.

Oleh karena itu, baik Kamu yang masih hamil muda atau hamil tua harus lebih bisa mengontrol kadar gula dalam darah dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah dengan teratur mengonsumsi susu kedelai. Karena dengan kandungan polisakaridanya, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ternyata mampu membantu menekan kadar insulin, trigliserida postpandrial, dan kadar glukosa.

Tidak hanya mencegah, buat Kamu yang mungkin sudah memiliki diabetes bahkan sebelum hamil, Kamu juga bisa mencoba menurunkannya dengan mengonsumsi susu kedelai.

7. Menurunkan hingga menstabilkan kolesterol dalam tubuh


Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lainnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Dengan kandungan isoflavon, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil untuk menurunkan kolesterol bahkan diungkapkan pada sebuah penelitian.

Menurut seorang peneliti Jepang, akhirnya berdasarkan hasil penelitiannya, pada tahun 1998 bahwa dianjur untuk setiap manusia, agar mengonsumsi kedelai setiap hari sekitar 50-100 mg kedelai. Sehingga buat Kamu para ibu hamil, tak ada salahnya jika mengonsumsi susu kedelai pada masa awal kehamilan hingga menjelang persalinan.

8. Melancarkan peredaran darah sehingga ibu dan bayi akan tetap sehat


Peredaran darah yang lancar tentu akan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil sendiri maupun tumbuh kembang janin. Nah, ternyata untuk melancarkan peredaran darah secara normal, Kamu bisa memanfaatkan kandungan kalsium yang tinggi  pada susu kedelai.

Karena salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga mampu untuk membantu sistem peredaran darah, sehingga tubuh ibu dan janin akan lebih sehat.

Nah, selain mengetahui beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, pernahkan Kamu mendengar bahwa untuk melahirkan anak laki-laki bisa dengan cara mengonsumsi susu kedelai? Lalu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil anak laki laki memang benar?

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi apakah bayi yang akan Kamu lahirkan adalah anak laki-laki. Selain asupan makanan yang tepat, untuk mendapatkan bayi laki-laki Kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana posisi saat Kamu dan pasangan berhubungan intim.

Kemudian, cukupi asupan natrium dan potasium juga akan meningkatkan kemungkinan melahirkan anak laki-laki. Selain tidak mengabaikan masa subur Kamu, sebenarnya susu kedelai tidaklah berpengaruh besar dalam menentukan jenis kelamin bayi yang akan Kamu lahirkan.

Dengan banyaknya manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, lalu bolehkah ibu hamil minum susu kedelai setiap hari? Dengan beragam kandungan nutrisi di dalamnya, banyak mengonsumsi susu kedelai memang sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Akan tetapi, sebaiknya Kamu mengonsumsi susu kedelai sekitar 3 gelas saja setiap harinya.

Susu kedelai selain menjadi pilihan alternatif buat Kamu yang memiliki alergi terhadap susu sapi, ternyata harganya sangat jauh lebih murah lho. Nah, tunggu apa lagi? Yuk sehatkan ibu dan bayi dengan rajin mengonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan.

No comments:

Powered by Blogger.