Berapa Sih Takaran Ibu Hamil Mengonsumsi Kurma? Terus, Apa Saja Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil? Simak Disini

Nggak cuma legit saat dimakan, ternyata kurma juga memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil!


Apa sih yang Kamu bayangkan saat mendengar kata buah kurma? Mungkin sebagian dari Kamu menganggap kurma sebagai buah khas Bulan Ramadhan. Ya, Kurma merupakan hidangan favorit saat berbuka, tak terkecuali di Indonesia. Buah asal tanah Arab ini dijadikan ‘teman’ berbuka puasa, selain karena rasanya yang manis juga karena manfaat yang terkandung di dalam.

Berapa Sih Takaran Ibu Hamil Mengonsumsi Kurma? Terus, Apa Saja Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil? Simak Disini

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, manfaat kurma untuk ibu hamil juga sangatlah beragam lho. Ternyata buah yang sudah dibudidayakan oleh bangsa Arab sejak ribuan tahun lalu itu memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Beberapa nutrisi yang terkandung seperti, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E, dan vitamin K, protein, serat, gula rendah kalori, air, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, sodium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Dengan beragam nutrisi dalam kurma, sari kurma untuk ibu hamil tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil:

1. Merangsang saraf otak janin agar bayi menjadi lebih cerdas


Nah, bagi yang ingin bayi Kamu menjadi anak yang cerdas, salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi kurma saat masih dalam kandungan. Karena manfaat kurma untuk ibu hamil dengan kandungan 484 mg kaliumnya bisa membantu menyehatkan saraf dan membantu perkembangan otak, sehingga kinerja otak akan lebih maksimal.

Dengan sistem saraf otak yang cerdas, tidak hanya cerdas, tapi bayi nantinya akan memiliki daya ingat yang tinggi serta otak akan menjadi lebih cepat dan tanggap. Mengonsumsi kurma agar bayi cerdas bisa Kamu lakukan mulai dari trimester pertama kehamilan hingga trimester ketiga atau menjelang melahirkan.

2. Patut bersyukur, karena sumber energinya tidak akan membuat kamu dan bayi cepat lelah dan lemas


Manfaat kurma untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah sebagai sumber energi. Buat Kamu yang mudah lelah setelah beraktivitas saat hamil, tapi suka melakukan banyak aktifitas, Kamu bisa kok mengatasinya dengan mengonsumsi buah kurma.

Selain mengimbangi dengan istirahat yang cukup dan asupan gizi yang banyak, sari kurma untuk ibu hamil dengan kandungan glukosanya sekitar 56,38 gram tersebut juga mampu mengembalikan energi setelah beraktivitas, sehingga tubuh akan kembali bugar dan bersemangat.

3. Tulang dan gigi pada janin akan tumbuh lebih kuat dan sehat


Selain rasanya yang khas dan manis, manfaat kurma untuk ibu hamil tidak hanya berlaku bagi ibu hamil saja, tapi buah kurma juga sangat ampuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin agar lebih kuat. Memang bukan berarti gigi janin akan langsung tumbuh, tapi setelah lahir, pertumbuhan gigi akan lebih cepat dan gigi bisa tumbuh dengan kuat.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil janin dengan didukung kandungan kalsium dan zat besinya mampu membantu pertumbuhan tulang pada janin. Karena saat masih berada dalam kandungan tulang bayi sangat rentan, sehingga sangat dianjurkan buat Kamu mengonsumsi buah kurma mulai dari hamil muda.

4. Saatnya bunda untuk mengucapkan bye-bye pada sembelit


Mempunyai masalah pada sistem pencernaan selama hamil memang sangatlah membuat bunda tidak nyaman. Nah, manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata sangat bagus lho untuk melancarkan pencernaan ibu hamil, terutama dalam mencegah dan mengatasi sembelit.

Karena selama masa kehamilan, biasanya bunda akan lebih sering mengalami gangguan pada sistem pencernaan, maka untuk mengatasinya Kamu bisa rajin mengonsumsi buah kurma. Dengan kandungan serat yang tinggi, sari kurma untuk ibu hamil sangat baik lho untuk mencegah sembelit.

5. Membantu mencukupi kebutuhan kamu hemoglobin untuk mencegah dan mengatasi anemia


Saat hamil, ibu hamil memang sangat rentan dengan terjadinya anemia. Padahal, untuk ibu hamil muda, darah sangat dibutuhkan untuk melindungi bayi terhadap kekurangan darah serta meningkatkan imunitas pada ibu hamil.

Nah, dengan manfaat kurma untuk ibu hamil yang mengandung glukosa dan zat besi yang cukup tinggi, bisa membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga Kamu akan terhindar dari anemia.

Tidak hanya untuk hamil muda, buah kurma juga dibutuhkan untuk Kamu yang sudah hamil tua. Karena pada saat melahirkan nanti, Kamu akan mengeluarkan lebih banyak darah.

6. Ibu hamil dan janin akan sehat karena terhindar dari infeksi


Tidak hanya infeksi saat luka saja, tapi manfaat kurma untuk ibu hamil juga berlaku untuk Kamu saat melahirkan. Karena saat melahirkan Kamu bisa mempunyai kemungkinan terinfeksi.

Nah, untuk mencegahnya, dengan kandungan tannin di dalamnya, kurma bisa membantu menyembuhkan Kamu yang terkena infeksi sekaligus sebagai anti infeksi. Jadi sangat disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi buah kurma, terutama untuk Kamu yang sudah memasuki trimester ketiga.

7. Membantu kamu terhindar dari sulitnya bersalin, mari amankan persalinan lebih mudah dengan rajin mengonsumsi kurma


Siapa sih, ibu hamil yang tidak ingin melahirkan dengan cara normal? Melahirkan normal selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian besar ibu hamil juga secara medis lebih baik dan lebih sehat ketimbang melahirkan dengan cara dioperasi.

Buat Kamu yang ingin melahirkan normal, coba deh untuk rutin mengonsumsi buah kurma selama masa kehamilan. Karena berdasarkan sebuah penelitian, menunjukkan bahwa 96% ibu hamil yang secara teratur mengonsumsi buah kurma bisa menjalani persalinan dengan normal. Sedangkan pada ibu hamil yang kurang rutin mengonsumsi kurma, hanya 79% saja yang bisa menjalani persalinan normal.

Kenapa demikian? Karena manfaat kurma untuk ibu hamil mampu mendorong oksitoksin agar melakukan kontraksi pada rahim, yang mana akan membuat sensitivitas di uterus akan meningkat.

Selain itu, kurma dengan kandungan asam lemaknya dapat memberikan asupan energi yang cukup, serta mampu membantu produksi prostaglandins yang dibutuhkan pada saat persalinan. Kandungan kalsium, serotonin, dan tanin akan membantu mendorong kontraksi otot rahim, agar proses persalinan lebih cepat.

8. Dengan kurma, indera penglihatan janin akan lebih tajam


Manfaat kurma untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mampu membantu meningkatkan kesehatan pada mata janin. dengan kandungan vitamin A di dalamnya, selain untuk kesehatan ibu hamil, kurma juga mampu meningkatkan ketajaman indra penglihatan janin. Jadi dengan kata lain, buah kurma juga mampu untuk menurunkan risiko kebutaan pada bayi.

9. Bagi ibu hamil, ketuban pecah sangat berbahaya. kuatkan ketuban dengan buah kurma


Mengonsumsi buah kurma sebenarnya memang baik pada masa kehamilan, baik untuk trimester pertama hingga trimester ketiga, apalagi untuk Kamu yang sudah hamil tua. Karena menurut penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma secara teratur pada minggu-minggu terakhir menjelang melahirkan, sangat sedikit kemungkinan mengalami pecahnya selaput ketuban sebelum persalinan.

10. Ternyata kurma juga sangat membantu keberhasilan program hamil


Nah, ternyata manfaat buah kurma tidak hanya untuk Kamu yang sudah hamil lho. Bahkan buat Kamu yang masih dalam program hamil juga sangat baik untuk mengonsumsi buah kurma secara teratur. Karena dengan kandungan zinc di dalamnya, mampu meningkatkan dan menambah kebugaran pada laki-laki dan mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi pada perempuan.

Sedangkan cara mengkonsumsi kurma muda untuk program hamil sangatlah bervariasi. Tidak hanya untuk istri, suami juga bisa mengonsumsi buah kurma selama program hamil, dengan cara memilih buah kurma muda merah. Sedangkan untuk istri, makanlah buah kurma muda hijau atau kurma muda kuning.

Dengan beragamnya manfaat kurma untuk ibu hamil, akan tetapi sebaiknya Kamu tidak mengonsumsi buah kurma secara berlebih. Yakni cukup sedikit tapi teratur, sekitar 7-8 buah saja per harim, mengingat kandungan gula di dalamnya, jadi demi kesehatan tidak usah makan kurma secara berlebihan.

No comments:

Powered by Blogger.