Nah, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil yang Wajib Kamu Ketahui Demi Kebaikan Bayi

Siapa sangka buah dengan bentuk dan nama yang unik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan pada ibu hamil dan janin. Buah yang dianggap mendatangkan keburuntungan oleh orang-orang China ini ternyata benar-benar mendatangkan keuntungan bagi para ibu hamil.

Tak hanya rasanya yang segar, manfaat buah naga untuk ibu hamil itu juga sebanding dengan rasanya. Ya, meskipun tidak semua orang menyukai buah yang dihasilkan dari tanaman kaktus ini, tapi buah ini sangat recomended untuk Kamu para ibu hamil.

Nah, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil yang Wajib Kamu Ketahui Demi Kebaikan Bayi

Karena dihasilkan dari tanaman hias, mungkin sebagian orang masih meragukan manfaatnya. Padahal buah naga ini mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya, seperti Vitamin C, karbohidrat, folat, karoten, serat, fosfor, lemak, niacin, air, protein, zat besi, fitokimia, dan kandungan antioksidan tinggi.

Nah, dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, apa saja sih manfaatnya? Yuk simak, beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil, berikut ini:

1. Sumber energi buat kamu agar tetap sehat dan semangat


Sebagian besar ibu hamil pada masa awal kehamilan akan mengalami morning sickness, nafsu makan berkurang, ataupun pusing, sehingga tubuh akan lemas dan nampak kurang bersemangat.

Sebenarnya ada banyak makanan yang bisa menjadi sumber energi kala hamil, dan salah satunya adalah buah naga. Cukup dengan dikonsumsi secara langsung, atau Kamu yang suka minuman segar juga bisa dijadikan sebagai jus buah. Maka kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dalam buah naga itu bisa menambah energi Kamu selama hamil.

2. Pembentukan hemoglobin, sangat perlu lho untuk mencegah anemia


Manfaat buah naga untuk ibu hamil ternyata juga baik untuk Kamu terhindar dari anemia. Sebenarnya tidak sedikit juga ibu hamil yang mengalami anemia, tapi mereka kebanyakan lebih memilih suplemen penambah darah daripada alternatif lain.

Selain obat dari dokter atau bidan, tidak ada salahnya kok Kamu seimbangi juga dengan buah naga yang mengandung zat besi ini. Buah naga untuk ibu hamil yang kaya akan zat besi itu bisa membantu produksi sel darah merah atau hemoglobin sehingga Kamu akan terhindar dari anemia. Sebenarnya tidak baik untuk ibu hamil saja sih, tapi juga untuk si janin.

3. Mencegah sembelit, pencernaan lancar, ibu hamil pun akan merasa lebih nyaman


Masalah pencernaan, khususnya sembelit sebenarnya memang sering terjadi pada ibu hamil. Mengalami sembelit tentu akan membuat ibu hamil sangat tidak nyaman. Jadi sebelum terjadi, tidak ada salahnya kan untuk mencegahnya?

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini selain untuk mencegah juga bisa melancarkan buang air besar kembali. Nah, dengan kandungan seratnya yang tinggi, buah naga sangat bermanfaat dalam menyehatkan usus, menjaga dan mengatasi masalah pencernaan lainnya. Cukup konsumsi buah naga minimal 100 gram per hari, maka sistem pencernaan Kamu akan sehat dan lancar.

4. Membantu perkembangan janin dan pertumbuhannya sampai bayi lahir


Khasiat buah naga untuk ibu hamil juga sangat berpengaruh untuk si jabang bayi. Rajinlah mengonsumsi buah naga untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga  yang mengandung asam folat ini akan menjaga kesehatan janin Kamu agar terhindar dari kerusakan syaraf atau cacat fisik saat lahir.

Eits, tidak Cuma itu, manfaat buah naga untuk ibu hamil dengan kandungan folatnya juga mampu melindungi ibu hamil muda yang masih rentan dengan keguguran.

5. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin


Kesehatan bayi saat lahir juga akan dipengaruhi mulai dari masa kehamilan. Mulai dari kesehatan otak, syaraf, serta tulang dan gigi. Maka dari itu, sejak dalam kandungan harus benar-benar diperhatikan asupan nutrisinya untuk mencukupi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhannya.

Nah, manfaat buah naga untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan kalsiumnya mampu untuk membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsiumnya, tulang bayi setelah lahir akan lebih sehat dan pertumbuhan giginya lebih cepat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil supaya tidak mudah sakit


Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil memang cukup rentan terkena penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Sehingga sangat dibutuhkan kekebalan tubuh yang bagus pada ibu hamil untuk menangkal berbagai penyakit.

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mencegah flu, batuk, demam, dan lain-lain.

Dengan kekebalan tubuh yang baik, kesehatan janin pun akan terjaga. Baik pada hamil muda maupun sudah hamil tua. Meskipun buah naga merah untuk ibu hamil sangatlah berkhasiat, tapi tidak ada salahnya jika tetap Kamu imbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Menangkal radikal bebas, ibu hamil dan janin sangat rentan terhadap hal berbahaya ini


Buat yang sedang tidak hamil saja radikal bebas sangat berbahaya, apalagi untuk Kamu yang sedang hamil. Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangatlah ampuh dalam menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidan yang tinggi.

Bahayanya radikal bebas dapat memberikan dampak buruk bagi ibu dan juga janin. Bahkan yang paling parah, radikal bebas bisa menyebabkan bayi lahir prematur ataupun lahir cacat. Nah, bagi Kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan terutama pada siang hari, seharusnya Kamu lebih hati-hati karena biasanya radikal bebas itu berasal dari polusi udara, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan sinar UV yang tak kalah berbahaya.

Tidak hanya untuk janin, radikal bebas itu juga bisa menyebabkan ibu hamil karena mampu memicu pertumbuhan sel kanker kulit. Selain itu radikal bebas juga membuat para bumil mudah jerawatan dimana keluhan seperti ini sangat menggangu penampilan. Solusinya adalah memanfaatkan kulit buah naga untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah.

8. Mencegah dehidrasi, agar kamu tidak mudah lesu dan kekurangan cairan


Saat hamil, kebutuhan air dalam tubuh menjadi lebih besar, karena tidak hanya untuk bunda, tapi juga untuk mencukupi kebutuhan mineral janin. Bahkan asupan cairan yang cukup sangat berpengaruh untuk kelancaran ASI dan cairan ketuban.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dengan kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, terutama kandungan mineralnya sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan pada ibu dan janin.

Jangan sampai Kamu kekurangan cairan selama kehamilan, karena jika terjadi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius lho, seperti komplikasi, kurangnya cairan ketuban, bayi prematur, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada ibu dan janin.

9. Mengontrol tekanan darah supaya tetap stabil


Selama masa kehamilan, tekanan darah juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai memiliki tekanan darah rendah ataupun hipertensi. Tekanan darah yang terlalu rendah pada ibu hamil bisa menyebabkan kesehatan tubuh yang menurun, proses perkembangan janin terhambat, sering mengalami morning sickness, hingga risiko bayi meninggal dalam perut.

Sedangkan jika tekanan darah Kamu terlalu tinggi, itu juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada ibu janin seperti, bayi lahir prematur, suplai darah ke plasenta berkurang, berat bayi di bawah rata-rata, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dan lain-lain.

Maka dari itu, untuk mengatur tekanan darah, Kamu bisa menyiasatinya dengan rutin mengonsumsi buah naga. Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat berperan besar dalam mengontrol tekanan darah karena kandungan vitamin B nya yang tinggi.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah, mencegah penyakit beri-beri, membantu pertumbuhan mata janin, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi buah naga selama masa kehamilan baik sebagai camilan sehat ataupun sebagai minuman segar.

No comments:

Powered by Blogger.