Ternyata Dibalik Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Ada Bahayanya Juga Lho!

Bagi Kamu yang suka ke pantai mungkin sudah akrab dengan minuman alami yang segar ini. Tapi tahukah Kamu, ternyata minuman segar khas pantai ini juga sangat baik lho untuk ibu hamil. Selain sebagai pengganti cairan, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga sangat menyehatkan janin.

Sebagian besar dari Kamu mungkin sudah pernah merasakan segarnya air kelapa muda, baik dari air kelapa biasa ataupun air kelapa ijo. Tenang, kedua jenis kelapa itu sama baiknya kok untuk kesehatan bunda dan  bayi. Tidak hanya mengandung mineral yang tinggi, air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, gula, serat, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor dan kalium.

Ternyata Dibalik Segudang Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Ada Bahayanya Juga Lho!

Nah, dengan kandungan nutrisinya yang beragam, tidak heran kan kalau air kelapa muda untuk ibu hamil juga sangat baik untuk kesehatan janin. Lalu apa saja sih manfaat lain dari air kelapa itu? Yuk, simak beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikut ini:

1. Dijamin tidak bakalan dehidrasi dengan sumber elektrolit alami dari air kelapa


Dijamin tidak bakalan dehidrasi dengan sumber elektrolit alami dari air kelapa

Pada saat hamil, wanita membutuhkan lebih banyak asupan mineral dari biasanya karena untuk mencukupi kebutuhan cairan pada janin. Apalagi bagi Kamu yang sering mengalami morning sickness, air kelapa untuk ibu hamil sangat berkhasiat untuk mencegah dehidrasi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga bisa menjadi sumber elektrolit alami untuk menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, kram, kejang otot, demam, dan lain-lain.

Baca Juga : Benarkah Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Lebih Baik Daripada Susu Sapi? Buktikan Disini

2. Bakteri dan virus penyebab penyakit tidak bakalan mampir dengan asam lauratnya


Bakteri dan virus penyebab penyakit tidak bakalan mampir dengan asam lauratnya

Pada masa kehamilan, kesehatan tubuh bunda biasanya akan sangat rentan terhadap suatu penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Nah dengan kandungan asam laurat di dalamnya, kelapa muda untuk ibu hamil mampu berperan sebagai antivirus dan antioksidan.

Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil juga mampu melindungi janin dengan menangkal virus berbahaya seperti herpes dan HIV. Jadi selain manfaat air kelapa untuk ibu hamil, ternyata daging kelapa mudanya juga tak kalah bermanfaat.

3. Meningkatkan HDL, kolesterol baik juga perlu ditingkatkan lho


Meningkatkan HDL, kolesterol baik juga perlu ditingkatkan lho

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil ampuh juga lho untuk meningkatkan produksi HDL. Jangan hanya ngebut dalam menurunkan kolesterol, karena tidak semua kolesterol itu jahat. Bagi ibu hamil, kadar HDL itu sangat diperlukan untuk menekan naiknya kadar kolesterol jahat.

Dengan berkurangnya kadar LDL (kolesterol jahat), manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil pun mampu untuk mencegah penyakit kronis lainnya yang dipicu oleh kolesterol jahat. Selain manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil, ternyata juga mampu mengontrol tekanan darah pada janin.

4. Manjur banget mengatasi masalah pencernaan


Manjur banget mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan pada masa kehamilan memang bukan masalah yang besar, tapi jika dibiarkan terlalu parah, selain tidak nyaman untuk bunda juga akan berdampak buruk pada janin. Nah, salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama.

Pelambatan dalam mencerna makanan saat hamil, memang dialami oleh beberapa ibu hamil. Maka dari itu, dengan kandungan seratnya yang tinggi, minum air kelapa saat hamil bisa mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti diare dan susah buang air besar.

5. Bahayanya hipertensi bisa segera di turunkan agar ibu dan bayi sehat


Bahayanya hipertensi bisa segera di turunkan agar ibu dan bayi sehat

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil, selain mampu mengontrol kadar kolesterol juga mampu mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi ibu dan janin.

Nah, buat Kamu yang memiliki tekanan darah cukup tinggi, lebih baik segera ditangani dengan air kelapa muda, karena manfaat air kelapa bagi ibu hamil sendiri mampu menurunkan hipertensi dengan didukung oleh kandungan potassium di dalamnya.

6. Vitamin C ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Vitamin C ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minum air kelapa saat hamil muda rasanya sangat menyegarkan, apalagi jika yang diminum adalah air kelapa hijau. Manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C pada ibu hamil.

Dengan kandungan vitamin C nya, mengonsumsi kelapa hijau untuk ibu hamil bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai penyakit.

7. Segera cegah kardiovaskular yang berbahaya


Segera cegah kardiovaskular yang berbahaya

Selain air kelapanya, ternyata manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil juga tak kalah beragamnya dari manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Bahkan peranan minyak kelapa bisa membantu Kamu untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Apalagi jika usia kehamilan sudah tua, kesehatan jantung ibu hamil juga tidak bisa disepelekan. khasiat minyak kelapa untuk ibu hamil juga sangat baik untuk kulit, terutama setelah Kamu melahirkan, tidak ingin ada stretch mark bertahan lama-lama diperut kan? Mudah kok, hilangkan saja pakai minyak kelapa.

8. Dengan air kelapa, air ketuban akan jernih dan bersih


Dengan Air Kelapa, air ketuban akan jernih dan bersih

Ternyata kandungan elektrolit pada air kelapa yang sudah tidak diragukan lagi itu bisa menjernihkan air ketuban lho. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat membersihkan kotoran pada air ketuban dan menyerap lendir berlebih pada ketuban. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidannya, khasiat air kelapa untuk ibu hamil muda juga bisa untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

9. Membantu perkembangan janin dan mempercepat pertumbuhan janin


Membantu perkembangan janin dan mempercepat pertumbuhan janin

Selama masa kehamilan, selain kesehatan ibu hamil, kesehatan janin pun tidak boleh luput dari perhatian. Memantau pertumbuhan janin sebenarnya harus benar-benar diperhatikan baik usia kehamilan masih muda atau pun sudah memasuki usia kandungan 9 bulan.

Nah, salah satu manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil 9 bulan yaitu bisa membantu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan janin. Apalagi menjelang masa kelahiran, tentu baik janin maupun ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk selalu menjaga kesehatannya.

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan beragam juga sangat baik lho untuk melindungi ibu hamil dari berbagai masalah kesehatan dan gangguan kehamilan.

Eits, tunggu dulu! Manfaat air kelapa untuk ibu hamil memanglah sangat beragam, tapi pernah dengar mitos tidak sih, kalau air kelapa juga bisa membahayakan ibu hamil dan janin lho. Sebenarnya, dengan tingginya kandungan nutrisi dan mineral dalam air kelapa, justru air kelapa sangat baik untuk kesehatan bunda dan janin.

Jadi bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari? Lebih baik sih tidak, karena jika terlalu berlebihan, dengan kandungan lemak yang rendah, air kelapa bisa menyebabkan diare, dan kurang baik untuk Kamu yang sudah memiliki gangguan kesehatan pada ginjal.

Lalu, hamil berapa bulan boleh minum air kelapa muda? Sebaiknya Kamu membatasi konsumsi air kelapa muda pada usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga. Jadi lebih baik kalau Kamu mengonsumsi air kelapa pada usia kandungan sudah lebih dari 7 bulan.

Rasanya minum air kelapa kurang segar jika tanpa campuran es batu atau air es. Tapi, bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda? Kenapa tidak? Selama tidak es nya tidak berlebihan, tidak akan membahayakan kesehatan ibu hamil.

Jadi buat Kamu yang sedang hamil, jangan takut untuk mengonsumsi air kelapa muda. Terlepas dari efek sampingnya, manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangatlah membantu kesehatan Kamu, asalkan dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan ya!

No comments:

Powered by Blogger.