Ternyata Beberapa Makanan Sehat Ini Adalah Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

4 min read

Selama masa kehamilan, ibu hamil memang harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh, baik dari hati-hati saat beraktivitas hingga menjaga pola makannya. Ibu hamil juga tidak boleh sembarang menyantap makanan meski sangat menginginkan atau meskipun itu adalah makanan sehat.

Ternyata Beberapa Makanan Sehat Ini Adalah Makanan yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Karena sebenarnya ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil, sekalipun makanan tersebut sehat. Misalnya buah, meski menyehatkan, tapi juga ada beberapa buah yang tidak baik untuk ibu hamil. Penasaran apa saja, yuk simak beberapa makanan yg dilarang untuk ibu hamil, berikut ini:

1. Meskipun gulai dan sate kambing menggiurkan, tapi sebaiknya hindari karena kolesterol pada daging kambing

Sebagian memang ada yang tidak menyukai daging kambing karena bau kambingnya yang khas. Tapi tidak sedikit pula yang ‘tergoda’ dengan kelezatan gulai kambing dan sate kambing. Ya, daging kambing memang merupakan salah satu makanan yang sehat, termasuk juga susu kambingnya juga sangat menyehatkan.

Tapi, ternyata di balik kebaikan daging kambing untuk menjaga kesehatan, tidak berlaku untuk para ibu hamil. Bahkan daging kambing merupakan salah satu makanan yang dilarang saat hamil muda, terlepas apapun itu jenis olahannya.

Khususnya untuk ibu hamil yang memiliki kondisi tertentu sangat tidak dianjurkan mengonsumsi daging kambing karena bahaya kolesterol pada olahan daging kambing, serta makanan yang dilarang untuk ibu hamil ini juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.

Jadi sebelum mengonsumsi daging kambing, pastikan tensi darah Kamu tidak tinggi ya. Jika tekanan darah Kamu normal, Kamu bisa kok mengonsumsi daging kambing, tapi tetap harus dalam batas wajar atau tidak berlebihan karena daging kambing ini memiliki sifat yang cukup panas.

Baca Juga : Hati-Hati Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Buah yang Ternyata Dilarang

2. Makanan-Makanan pahit yang dikira sehat untuk kesehatan ini ternyata tidak baik lho untuk janin

Selain obat yang rasanya pahit, ada juga sejumlah makanan yang memiliki pahit. Beberapa makanan pahit yang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil seperti pare, daun pepaya, melinjo, daun katuk, dan sayuran pahit lainnya.

Memang sayur-sayuran tersebut memiliki banyak nutrisi dan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi karena sifatnya yang dingin, sejumlah makanan yang pahit itu termasuk dalam daftar makanan yang dilarang saat hamil. Sifatnya yang dingin bisa menyebabkan janin meninggal dalam rahim.

Selain itu, makanan yang pahit itu mengandung kina, dimana kina merupakan zat yang berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria. Tapi meskipun berkhasiat, zat kina tersebut justru malah bisa membahayakan janin karena rahim bisa menyusut atau sangat rentan dengan keguguran.

3. Kurang manis? tambahkan saja gula, hindari makanan dengan pemanis buatan

Kadang untuk menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman, ada beberapa orang yang lebih memilih menambahkan pemanis buatan, karena rasa manisnya yang tinggi dan tentu harganya yang lebih miring. Akan tetapi, tahukah Kamu bahwa pemanis buatan itu sangat tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang mengandung pemanis buatan, baik dalam makanan, camilan, maupun minuman bisa membahayakan kesehatan janin yang mengakibatkan gangguan sistem saraf pada janin sehingga anak nantinya akan mengalami gangguan dalam berpikir.

Selain itu, makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan ini juga bisa membuat perkembangan paru-paru dan jantung bayi tidak sempurna, dan menyebabkan infeksi serta kanker pada saluran kemih bayi.

4. Keju, karena tidak semua olahan dari susu itu baik

Minum susu saat hamil memang baik untuk kesehatan bunda dan janin. Tetapi berbeda halnya dengan olahan susu, seperti keju. Anggapan bahwa keju baik untuk ibu hamil ternyata tidak sepenuhnya benar, karena untuk keju yang tidak dipasteurisasi justru malah berbahaya untuk ibu hamil.

Nah, itulah yang menjadikan keju sebagai salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil muda. Beberapa jenis keju yang tidak dipasteurisasi biasanya ditemukan pada keju lunak yang diimpor dari luar negeri.

Proses dispateurisasi tersebut sangatlah penting dilakukan guna membunuh bakteri yang ada pada susu. Dispaterisasu sendiri merupakan proses pemanasan susu yang dipanaskan hingga suhu 60 0C selama kurang lebih 30 menit. Makanan yang dilarang untuk ibu hamil itu bisa ditemukan pada keju impor seperti Keju Brie, keju Feta, Blue Cheese, dan lain-lain.

5. Makanan setengah matang atau mentah sangat dilarang meskipun kamu suka

Selama masa kehamilan Kamu memang harus benar-benar memperhatikan pola makan yang sehat. Tapi tidak hanya hamil, dalam proses program hampil pun ada beberapa makanan yang dilarang untuk program hamil, seperti segala sesuatu jenis makanan yang dalam pengolahannya masih setengah matang atau malah justru masih mentah.

Baik telur setengah matang, seafood mentah, susu mentah, atau daging setengah matang juga kurang baik dikonsumsi untuk Kamu yang sedang dalam program hamil, karena makanan yang setengah matang itu mengandung bakteri salmonella yang mana bisa menyebabkan infeksi pada janin atau rahim.

6. Tape, si putih yang asam tapi menyegarkan ini ternyata juga berbahaya

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil ini sebenarnya memang berasal dari bahan baku yang sehat, yakni singkong. Tapi untuk olahan fermentasi singkong ini ternyata merupakan daftar salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama.

Singkong yang difermentasikan dengan ragi itu, serta segala macam jenis makanan dan minuman yang difermentasi ternyata tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung alkohol yang cukup tinggi, dimana sudah bukan rahasia lagi bahwa alkohol tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin.

7. Sayur nangka muda atau gudeg, makanan khas jogja yang perlu dibatasi

Memang rasanya enak sih, tapi dibalik kelezatannya ternyata terdapat bahaya bagi ibu hamil dan janin. Sayur nangka muda menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung banyak getah. Nah, sayur gudeg ini menjadi lebih berbahaya jika dalam mencucinya tidak bersih dan dalam pengolahannya tidak benar, bunda dan janin malah bisa mengalami gatal-gatal.

Namun yang lebih berbahaya lagi yaitu bisa menyebabkan plasenta bayi menjadi lengket. Jadi lebih Kamu sangat membatasi konsumsi sayur gudeg tersebut selama masa kehamilan, baik hamil muda maupun sudah tua.

8. Sushi yang enak dan sehat, tapi ternyata tidak baik untuk ibu hamil

Salah satu makanan khas Jepang yang digemari banyak masyarakat Indonesia adalah sushi. Tapi sayangnya makanan lezat yang biasanya terbuat dari ikan salmon atau jenis makanan laut lainnya tersebut merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil, terutama saat hamil muda.

Sushi menjadi tidak baik untuk ibu hamil karena merupakan hidangan yang mentah, dimana makanan mentah atau setengah matang itu kemungkinan besar mengandung toksoplasma, salmonella, serta merkuri yang cukup tinggi. Sehingga sangat disarankan untuk meminimalisir konsumsi sushi saat hamil.

9. Buah dengan kadar oksigen tinggi. cicipi saja, jangan dikonsumsi berlebihan

Tak hanya makanan yang dilarang untuk ibu hamil, ternyata ada juga beberapa jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil. Buah seperti nangka, durian, nanas, anggur, pepaya muda, dan cempedak, kurang baik untuk ibu hamil karena mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi.

Jadi buat Kamu yang suka atau ‘ngidam’ beberapa buah tersebut, sebaik cukup dengan mencicipi dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Eits, satu lagi, selain makanan yang dilarang untuk ibu hamil, minuman yang mengandung soda, kafein atau air es juga sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Nah, dari beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil tersebut memang kadang sangat menggoda untuk dikonsumsi.

Namun sebaiknya, untuk kesehatan bunda dan janin, tak ada salahnya kan untuk ‘istirahat’ mengonsumsinya selama masa kehamilan? Yuk, belajar hidup sehat untuk ibu dan bayi dengan menghindari pantangan-pantangan tersebut.

Khasiat Luar Biasa Minyak Ikan untuk Ibu Hamil dan…

Minyak ikan telah dikenal luas memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung. Namun ternyata ada beberapa penelitian dimana hasilnya menyebutkan bahwa minyak ikan juga memiliki...
Channel Bunda
3 min read

Kacang Hijau, Bulir Kecil Yang Kaya Manfaat, Bagus Untuk…

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Diantaranya adalah kalsium, zat besi, folat, vitamin yaitu vitamin B vitamin C dan vitamin E, thiamin,...
Channel Bunda
3 min read

Mulai Sekarang Bumil Harus Makan Pisang! Berikut Manfaat Pisang…

Tentunya Bunda sudah tidak asing lagi ya dengan buah yang satu ini. Benar sekali, pisang! Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional...
Channel Bunda
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *