Tahukah Kamu? Mual Saat Hamil Bisa Berbahaya, Lho! Begini Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Bagaimana sih cara mengatasi mual saat hamil? Apakah itu normal? Ya, mual saat hamil atau terkadang disertai dengan muntah memang wajar terjadi pada masa-masa awal kehamilan. Akan tetapi jika frekuensi mual yang disertai muntah cukup sering, hal tersebut harus tetap diwaspadai karena akan berpengaruh pada kesehatan ibu hamil.

Tapi selama kesehatan ibu hamil tidak terganggu, mual muntah saat hamil pertanda janin kuat, karena mual maupun muntah saat hamil merupakan sebuah mekanisme bisa meningkatkan kualitas nutrisi pada ibu hamil serta mengurangi kandungan yang berbahaya dalam tubuh ibu sehingga janin akan lebih  sehat.

Tahukah Kamu? Mual Saat Hamil Bisa Berbahaya, Lho! Begini Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Buat Kamu yang selalu mengalami mual dan muntah saat hamil, tentu akan sangat mengganggu dan tidak nyaman. Nah, oleh karena itu, berikut beberapa cara menghilangkan mual saat hamil muda yang bisa Kamu lakukan di rumah:

1. Olahraga, tidak usah olahraga yang berat, yang penting berkualitas


Olahraga, tidak usah olahraga yang berat, yang penting berkualitas

Siapa bilang olahraga hanya untuk diet? Olahraga ternyata juga bagus lho untuk ibu hamil. Bahkan olahraga ringan saja sudah bisa menjadi cara mengatasi mual saat hamil muda.

Jika ada yang beranggapan bahwa hamil muda harus hati-hati dengan diam di tempat, anggapan tersebut justru kurang tepat. Nah, buat Kamu yang mual saat hamil muda, yuk coba untuk olahraga ringan seperti strecthing, senam pilates, senam kegel, yoga, berenang, dan cara mengatasi mual saat hamil yang paling mudah adalah dengan jalan-jalan tanpa alas kaki.

Selain membuat tubuh lebih sehat, tubuh juga akan melupakan sejenak rasa mual dan muntah. Tapi buat Kamu yang belum terbiasa senam, alangkah baiknya untuk melakukan senam dengan instruktur senam khusus agar tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga : Bahaya! Perhatikan Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Ini Sebelum Hal Buruk Terlanjur Terjadi

2. Perbanyak air putih, meski cuma air putih tapi sangat dibutuhkan


Perbanyak air putih, meski cuma air putih tapi sangat dibutuhkan

Cara mengatasi mual saat hamil ini sangatlah sederhana dan mudah karena hanya membutuhkan air putih saja. Banyak minum air putih saat hamil sangatlah penting, apalagi buat Kamu yang mengalami mual dan muntah dengan frekuensi yang cukup sering.

Mengatasi mual saat hamil muda dengan air putih mampu memenuhi kebutuhan cairan yang berkurang karena mual dan muntah. Bahkan air putih hangat juga bisa lho untuk menetralisir penyebab mual, karena air putih hangat lebih bisa diterima usus ketimbang air yang dingin.

3. Penuhi asupan vitamin C, baik dari suplemen ataupun dari buah dan sayuran


Penuhi asupan vitamin C, baik dari suplemen ataupun dari buah dan sayuran

Nah, buat Kamu yang pingin menghilangkan morning sickness dengan cepat, Kamu bisa perbanyak konsumsi vitamin C ataupun obat mual untuk ibu hamil yang sudah diresepkan oleh dokter atau bidan.

Cara mengatasi mual saat hamil dengan memperbanyak asupan vitamin C, bisa melalui suplemen ataupun sayur dan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, buah kiwi, pepaya, strawberry, dan lain-lain.

4. Konsumsi ramuan herbal, tidak ada kata kuno untuk kesehatan


Konsumsi ramuan herbal, tidak ada kata kuno untuk kesehatan

Back to nature memang lebih sehat daripada produk yang sudah banyak dicampuri dengan bahan-bahan kimia. Nah, buat Kamu yang suka dengan sesuatu yang tradisional, Kamu juga bisa kok menggunakan cara mengurangi mual saat hamil dengan minuman-minunan herbal seperti berikut ini:

  • Air perasan lemon, dengan kandungan vitamin c nya mampu mengurangi mual, apalagi jika ditambah dengan air putih hangat
  • Jahe hangat, minuman khas Indonesia ini selain untuk menghangatkan tubuh juga bisa menjadi cara mengatasi mual saat hamil
  • Teh mint, dibandingkan dengan teh biasa, kandungan menthol pada daun mint akan lebih menenangkan perut dan usu sehingga rasa mualnya akan berkurang

5. Konsumsi jus buah, tak kalah segar dari minuman bersoda lho


Konsumsi jus buah, tak kalah segar dari minuman bersoda lho

Terkadang saat hamil muda, karena rasa mualnya bagi sebagian ibu hamil akan susah untuk mengonsumsi nasi atau makanan pokok lainnya. Sehingga akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi.

Nah, cara menghilangkan mual saat hamil sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya untuk ibu dan janin, Kamu bisa mengganti makanan pokok dengan jus buah. Jadi daripada Kamu mengonsumsi minuman bersoda untuk menghilangkan mual, kini Kamu bisa mengonsumsi jus buah sesuai dengan kesukaan Kamu.

Nah, untuk cara mengatasi mual saat hamil dengan jus buah, sebaiknya Kamu memilih buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry dan lain-lain.

6. Konsumsi kacang-kacangan, jangan sepelekan makanan saat mual


Konsumsi kacang-kacangan, jangan sepelekan makanan saat mual

Cara mengatasi mual saat hamil juga bisa melalui makanan lho. Ada beberapa makanan pereda mual saat hamil muda yang bisa Kamu konsumsi, seperti jenis kacang-kacangan, kacang almond, kacang hijau, labu, wortel, bayam, dan masih banyak lagi.

Saat mual Kamu  disertai dengan muntah, tentu Kamu juga membutuhkan nutrisi dan energi yang cukup. Sehingga saat memilih makanan sebagai alternatif cara mengatasi mual saat hamil, pilihlah juga yang mengandung vitamin yang tinggi, zat besi, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya

7. Istirahat yang cukup, tidur juga mengobati mual lho


Istirahat yang cukup, tidur juga mengobati mual lho

Tidak hanya muntah, rasa mual oleh sebagian ibu hamil juga biasanya disertai dengan rasa pusing. Nah, saat saat Kamu tidak berselera makan ataupun melakukan berbagai aktifitas, cara mengatasi mual dan pusing saat hamil muda ternyata cukup mudah, yakni dengan cukup istirahat.

Saat kelelahan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk beristirahat agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Karena saat rileks, rasa mual tersebut akan perlahan berkurang. Sebenarnya istirahat tidak harus tidur, tapi cara mengatasi mual saat hamil bisa juga dengan rebahan, atau hanya dengan duduk santai sekedar menenangkan pikiran.

8. Hindari bau menyengat, jangan bikin dirimu semakin mual karena bau-bauan mengganggu


Hindari bau menyengat, jangan bikin dirimu semakin mual karena bau-bauan mengganggu

Penyebab mual pada ibu sangatlah beragam, sehingga cara mengatasi mual saat hamil pun bermacam-macam tergantung dari penyebabnya. Bagi sebagian ibu hamil, ada yang sangat sensitif dengan bau. Apalagi untuk bau yang menyengat, sebaiknya dihindari  agar rasa mual tidak bertambah.

Agar hormon yang menyebabkan mual tidak terangsang, sebaiknya hindarkan ibu hamil dari berbagai sumber yang menyebabkan bau seperti masakan yang berbau tajam, bau bensin, asap pabrik dan asap kendaraan bermotor, keringat, limbah, dan lain-lain.

9. Hindari stress, lebih baik pikirkan sesuatu yang menyenangkan


Hindari stress, lebih baik pikirkan sesuatu yang menyenangkan

Kondisi dan kesehatan ibu hamil memang harus benar-benar dijaga, mulai dari kesehatan secara fisik ataupun psikolog. Jika ibu hamil mengalami mual karena tekanan psikis, cara mengatasi mual berlebihan saat hamil muda adalah dengan mengurangi tingkat stress itu sendiri.

Daripada stress, sebaliknya, memikirkan sesuatu yang menyenangkan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Dengan pikiran yang tenang, syaraf pada otak, dan syaraf bagian tubuh lainnya tidak akan terganggu sehingga perut dan usus pun juga tenang. Stress berlebihan pada ibu hamil, selain menyebabkan mual juga sangat tidak baik untuk kesehatan janin.

10. Ambil jeda saat bangun tidur, bunda! duduk dulu setelah bangun tidur


Ambil jeda saat bangun tidur, bunda! duduk dulu setelah bangun tidur

Meskipun bukan kebiasaan buruk, tapi kebiasaan wanita yang langsung bangun atau beranjak dari tempat tidurnya saat bangun pagi justru kurang baik untuk ibu hamil. Jika merasa mual saat bangun tidur, usahakan tahan dan diam sejenak, atau duduk dahulu sebelum beranjak.

Buat Kamu ibu hamil yang juga sering mengalami mual, jangan khawatir karena ada banyak cara mengatasi mual saat hamil dengan beragam makanan, minuman, atau bahkan dengan terapi akupuntur. Namun jika mual dan muntah Kamu terlalu berlebih, alangkah baiknya untuk dikonsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.
Gabung jadi anggota untuk dapatkan informasi terbaru, langsung ke email anda

Gratis dan Tanpa Biaya

Silahkan share ke kawan Anda. Jika mau copy paste wajib izin admin terlebih dahulu. Bunda akan memberlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung atas copas tanpa mengikut ketentuan yang berlaku.

Artikel menarik lainnya...