Subscribe to Our Newsletter ! Free and No SPAM !

Hati-Hati Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Buah yang Ternyata Dilarang

logoblog

Tahukah anda bahwa buah-buahan ini terbukti sangat efektif untuk nutrisi ibu hamil, kamu wajib konsumsi!


Mengonsumsi sayuran selama masa kehamilan memang kadang membosankan dan kurang seimbang untuk tubuh. Oleh karena itu, untuk menambah asupan gizi dan selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan.

Hati-Hati Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Buah yang Ternyata Dilarang

Buah yang baik untuk ibu hamil juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah berkhasiat dari sayur-sayuran. Selain itu, buah banyak dipilih karena rasanya yang cukup enak dan beragam. Namun sayangnya tidak semua buah-buahan baik untuk kesehatan dan keselamatan ibu dan janin.

Maka dari itu, buat Kamu yang sedang dalam masa kehamilan, simak beberapa buah-buahan untuk ibu hamil berikut ini agar tidak sampai salah pilih!

1. Mangga, si manis yang tidak bisa bikin diabetes


Awal kehamilan memang merupakan masa yang paling rentan dengan keguguran atau pendarahan karena kondisi rahim belum begitu kuat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kekuatan rahim, Kamu bisa mengonsumsi buah untuk ibu hamil muda yang tentunya kaya akan nutrisi untuk Kamu dan juga janin.

Nah, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah mangga. Buat ibu hamil, mungkin buah ini tidak asing lagi, karena tidak sedikit juga ibu hamil yang bahkan “ngidam” mangga muda.

Lalu apa saja sih, kebaikan buah mangga ini untuk ibu hamil dan janin? Dengan kandungan vitamin A mangga mampu untuk membantu perkembangan mata ginjal, jantung serta pertumbuhan janin.

Lalu vitamin C dan zat besinya juga mampu untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Sementara itu, kandungan asam folat pada mangga juga dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Selain menyehatkan, buah yang baik untuk ibu hamil ini juga bisa Kamu olah menjadi beragam varian lho, seperti jus mangga, camilan sehat, mangga muda untuk rujak, dan masih banyak olahan lainnya.

Baca Juga : Nah, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil yang Wajib Kamu Ketahui Demi Kebaikan Bayi

2. Strawberry, berry-berry-an yang kaya vitamin c


Dilihat dari bentuknya saja sudah cantik, apalagi manfaatnya. Jadi tak heran lagi buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama ini merupakan salah satu buah yang masuk dalam suku berry yang paling populer di dunia.

Nah, buat Kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan, terutama pada siang hari, coba deh untuk rutin mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil ini. Karena dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, strawberry mampu menangkal radikal bebas, melawan kuman dan bakteri akibat polusi udara, serta melindungi kulit dari bahayanya sinar UV.

Selain itu, strawberry ini juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi, kaya akan zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan pembantu proses pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan juga janin. Buat Kamu yang sering mengalami morning sickness juga bisa mengatasinya dengan “obat” yang manis ini.

3. Alpukat, mengenyangkan dan tetap menyehatkan


Alpukat, selain digunakan untuk perawatan kecantikan juga sangat familiar dengan ibu hamil. Buah yang baik untuk ibu hamil ini merupakan salah satu buah yang kerap disantap oleh para ibu hamil, karena selain mengenyangkan, alpukat juga kaya akan beragam manfaat.

Dengan kandungan asam folatnya yang tinggi, buah yang baik untuk ibu hamil 3 bulan ini sangat berkhasiat dalam mencegah komplikasi, cacat syaraf pada janin, serta mencegah deformitas tulang pada janin.

Eits, masih ada lagi! Buah alpukat ini juga mengandung vitamin C, B1, B2, B6, E, dan  vitamin K dan beragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

4. Kurma, buah khas tanah arab ini punya sejuta khasiat lho


Bukan hanya saat hamil muda saja lho yang membutuhkan perhatian khusus. Tapi saat hamil tua atau usia kehamilan menginjak 7 bulan Kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh dan janin untuk persiapan proses kelahiran nantinya.

Dari pola makan hingga buah yang Kamu konsumsi juga harus benar-benar diperhatikan. Nah, salah buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan adalah buah khas Timur Tengah ini, kurma.

Buah kering yang identik dengan bulan ramadhan ini ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat buah yang baik untuk ibu hamil ini, antara lain:

  • Kandungan kaliumnya mampu mengontrol tekanan darah dan denyut jantung
  • Kandungan zat besi dan vitamin B kompleksnya mampu mencegah anemia
  • Berperan sebagai anti infeksi
  • Melancarkan sistem pencernaan

5. Pisang, mengenyangkan tapi tidak bikin gendut


Sebagian besar dari Kamu mungkin sudah pernah mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil ini. Meski banyak mengonsumsi buah pisang, tenang saja berat badan Kamu tidak akan naik secara signifikan kok. Karena meski mengenyangkan, tapi buah pisang sangat rendah lemak, tapi mengandung banyak nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatn ibu hamil dan janin.

Ibu hamil memang mengalami anemia, tapi dengan kandungan zat besi dalam pisang, produksi sel darah merah atau hemoglobin akan meningkat sehingga ibu hamil akan terhindar dari anemia.

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah pisang juga sangat baik untuk janin karena mengandung asam folat yang mampu mencegah bayi lahir cacat, membantu pertumbuhan sumsum tulang belakang, perkembangan otak dan saraf, dan lain-lain.

6. Jeruk, sedikit asam tapi khasiatnya sangat “Manis”


Saat panas dan dahaga di siang hari, daripada Kamu memilih untuk minum air es, coba deh untuk makan buah yang baik untuk ibu hamil ini. Selain sangat menyegarkan, buah jeruk ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Nutrisi yang paling populer dari buah jeruk ini kandungan vitamin C-nya yang mampu berperan sebagai antioksidan untuk meningkat sistem imun tubuh pada ibu hamil. Namun selain itu, buah jeruk juga mengandung salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk janin, yakni kandungan asam folat yang sangat baik  untuk perkembangan saraf janin.

7. Anggur, buahnya saja sudah berkelas, apalagi manfaatnya


Ternyata di balik kandungan alkohol yang tinggi, buah anggur juga menyimpan kandungan nutrisi yang tinggi untuk kebutuhan energi dan nutrisi pada ibu hamil. Buah yang bagus untuk ibu hamil ini selain cocok untuk dijadikan jus segar, juga bisa Kamu konsumsi sebagai camilan sehat.

Anggur yang memiliki beberapa jenis ini juga memiliki banyak manfaat, seperti kandungan folatnya untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin, kandungan magnesium dan seratnya mampu mencegah sembelit, kandungan zat besinya juga mampu mencegah anemia pada ibu hamil, dan masih banyak manfaat lainnya.

Akan tetapi, karena buah yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi, maka sebaiknya Kamu membatasi konsumsi buah anggur demi keselamatan Kamu dan janin.

8. Durian dan nanas, hati-hati, rasanya yang enak adalah “Jebakan” lho!


Nah, jika ada buah yang baik untuk ibu hamil, tentu ada pula beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Dari sekian banyak buah, ternyata durian yang dijuluki sebagai “rajanya buah” justru tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sungguh sangat disayangkan, karena buah durian memiliki kandungan alkohol yang tinggi, sehingga cukup membahayakan kesehatan janin.

Selain itu, buah nanas juga termasuk dalam daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil karena kandungan bromelain yang bisa membuat leher rahim melunak dan bisa memicu keguguran. Selain itu, ada buah nangka, pepaya hijau, cempedak, buah yang tidak dicuci, dan lain-lain.

Nah, meski sangat menyukai buah-buahan dan meski buah-buahan tersebut baik untuk kesehatan, tapi sebaiknya Kamu tetap memperhatikan mana buah yang baik untuk ibu hamil dan mana buah yang dilarang dikonsumsi ibu hamil.